Cara Mengatasi Crash Pada Game PC

Cara Mengatasi Crash pada Game PC

Crash pada game adalah masalah yang umum dialami oleh para gamer PC. Masalah ini menyebabkan permainan tiba-tiba keluar (exit) atau menampilkan layar biru (blue screen) saat dimainkan. Tentunya hal ini sangat menjengkelkan dan membuat pengalaman bermain game menjadi tidak menyenangkan.

Jika kamu mengalami masalah ini, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi crash pada game PC. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba:

1. Perbarui Driver

Salah satu penyebab umum terjadinya crash adalah driver yang usang atau rusak. Pastikan untuk selalu memperbarui driver untuk komponen penting seperti kartu grafis, motherboard, dan kartu suara. Kamu bisa memperbarui driver melalui website resmi produsen perangkat keras atau menggunakan perangkat lunak untuk memperbarui driver secara otomatis.

2. Verifikasi File Game

File game yang rusak atau hilang juga dapat menyebabkan crash. Steam dan platform distribusi game lainnya menyediakan fitur untuk memverifikasi file game. Fitur ini akan memindai file game dan memperbaiki atau mengunduh ulang file yang rusak atau hilang.

3. Nonaktifkan Antivirus dan Firewall

Sementara antivirus dan firewall berfungsi melindungi komputer dari malware, namun terkadang mereka juga dapat menghambat kinerja game. Coba nonaktifkan antivirus dan firewall untuk sementara dan lihat apakah masalah crash masih terjadi.

4. Atur Ulang Pengaturan Game

Beberapa pengaturan game yang salah dapat menyebabkan crash. Coba atur ulang pengaturan game ke default dan lihat apakah masalah crash masih terjadi. Kamu dapat menemukan pengaturan ini di menu opsi game.

5. Jalankan Game sebagai Administrator

Menjalankan game sebagai administrator dapat memberikan akses penuh ke sumber daya sistem, yang dapat membantu mencegah crash. Klik kanan pada ikon game dan pilih "Run as administrator" dari menu konteks.

6. Periksa Overclocking

Jika kamu melakukan overclocking pada kartu grafis atau prosesor, coba atur ulang pengaturan overclocking ke default. Overclocking dapat meningkatkan kinerja, tetapi juga dapat menyebabkan ketidakstabilan dan crash.

7. Periksa Temperatur

Komponen yang terlalu panas dapat menyebabkan crash. Pastikan komponen komputer, terutama kartu grafis dan prosesor, memiliki pendinginan yang memadai. Kamu dapat menggunakan perangkat lunak pemantauan suhu untuk mengecek temperatur komponen.

8. Reinstall Game

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, coba instal ulang game. Menginstal ulang game akan menghapus dan menginstal ulang semua file game, yang dapat memperbaiki file yang rusak atau hilang.

9. Perbarui DirectX dan Redistributables

DirectX dan redistributables seperti Visual C++ Runtime adalah komponen penting untuk banyak game. Pastikan untuk menginstal versi terbaru dari DirectX dan redistributables. Kamu dapat mengunduhnya dari situs web resmi Microsoft.

10. Laptop: Beralih Mode Daya

Jika kamu menggunakan laptop, coba alihkan mode daya ke "Performa Tinggi" untuk memberikan lebih banyak daya ke komponen. Kamu dapat menemukan pengaturan ini di menu opsi daya Windows.

11. Selalu Update Game

Pengembang game sering merilis pembaruan untuk memperbaiki bug dan meningkatkan kinerja. Pastikan untuk terus memperbarui game kamu ke versi terbaru.

Jika kamu sudah mencoba semua cara di atas dan masalah crash masih terjadi, kamu dapat mencoba menghubungi Dukungan Teknis dari pengembang game atau forum komunitas. Mereka mungkin memiliki solusi khusus untuk masalah crash yang kamu alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *